Kasus Perkembangan Penduduk

Kasus Perkembangan Penduduk

Perkembangan penduduk dapat menyebabkan peningkatan penggunaan angkutan umum. Peningkatan ini menyebabkan berbagai hal seperti salah satunya kemacetan di jalan. Seperti yang terlihat pada gambar 1 berikut yang menggambarkan kondisi jalanan kota Bogor yang macet disebabkan banyaknya angkutan umum.

asdGambar 1 Kemacetan Kota Bogor

Tidak hanya penggunaan angkutan umum saja namun penggunaan sarana transportasi seperti kereta atau bus menjadi penuh sesak akibat pertambahan pertumbuhan penduduk. Perkembangan jumlah penduduk menyebabkan jumlah pengguna pun bertambah sehingga daya tampung dari sarana transportasi pun tidak lagi cukup gambar 2 menggambarkan kondisi penggunaan sarana kereta api di statiun Bogor pada tahun 2012 banyak pengguna yang rela naik di atas gerbong untuk dapat mencapai tujuan dengan tepat waktu.

adfGambar 2 Keramaian Stasiun Bogor

Gambar 3 menunjukan kodisi dalam kereta yang penuh sesak. Kondisi ini terjadi setiap hari terutama pada jam keberangkatan untuk bekerja dan pulang kerja. Kondisi ini terus terjadi sampai saat ini bahkan lebih ramai dari sebelumnya.

agh

Gambar 3 Kondisi dalam Kereta

Bagaimana solusi untuk menanggulanginya??

Terdapat beberapa cara yaitu dengan meningkatkan sarana yang ada seperti menambah luas jalan, meningkatkan jumlah kereta, dengan membuat shift untuk angkutan umum atau dengan merawat dan menjaga sarana transportasi yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s