Hakikat ilmu budaya dasar dan hubungan budaya dengan teknologi

Hakikat Ilmu Budaya Dasar

            Pada Hakikatnya ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan , dasar-dasar kebudayaan itu mencakup kesenian, bahasa, adat-istiadat, budaya daerah, budaya nasional.

Kajian ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa ataupun mahasiswi dengan memperluas wawasan pemikiran dan wawasan pengetahuan terhadap budaya, maka untuk itu diperlukan teknologi untuk menjadi sarana dalam mengembangkan wawasan.

Hubungan Budaya dengan Teknologi

            Pada dasarnya kebudayaan yang telah ada menciptakan teknologi dengan hasil penelitian ilmiah yang terkandung pada budaya. Sehingga kebudayaan dengan teknologi mempunyai hubungan yang erat.

            Dapat dilihat secara  lebih mendetail bahwa suatu masyarakat bila di dalam tatanan nilai budayanya terdapat upaya untuk memahami struktur fenomena, proses memahami tersebut menuntut adanya tata-nilai yang menghargai keterbukaan dalam merumuskan pendapat dan mempertanyakan atau menguji suatu pendapat atau fenomena. Masyarakat dengan tata-nilai budaya tersebut menunjukan adanya kaitan antara tata-nilai dengan mengembangkan pengetahuan ilmiah.

            Teknologi adalah bagian dari himpunan informasi tentang ilmu atau pengetahuan ilmiah yang bersifat preskriptif (memberikan petunjuk atau resep tentang bagaimana membentuk, minciptakan, ataupun mengoperasikan suatu sistem).

 
 


Skema pola keterkaitan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya , dan industrialisasiyang secara sinergi saling mendukung perkembanga ilmu pengetahuan dan teknologi

  Image       

 

          Pada Hakikatnya teknologi diciptakan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, baik untuk bekerja, berkomunikasi dan bahkan untuk mengatasi berbagai persoalan yang timbul di masyarakat. TIK juga menawarkan cara-cara baru dalam melakukan aktivitas aktivitas sehingga dapat mempengaruhi budaya masyarakat yang sudah tertanam sebelumnya.

            Jadi bagaimana TIK dapat mempengaruhi nilai-nilai yang telah tumbuh di masyarakat itu sangat tergantung dari sikap masyarakat tersebut. Sehingga masyarakat harus memiliki sifat selektif dan pada waktu yang bersamaan juga mempunyai sifat kritis terhadap TIK yang berkembang sangat pesat, sehingga semua manfaat positif yang terkandung di dalam TIK mampu dimanifestikan agar mampu membantu dan mempermudah kehidupan masyarakat, dan efek negatif dapat diminimalkan.

            Contoh nyata dalam hubungan kebudayaan dengan teknologi ialah Tv dan Internet menjadi media penyaluran budaya, seperti misalnya penyebaran gaya berpakaian, gaya berbicara anak muda yang menggunakan bahasa indonesia dicampur-campur dengan bahasa inggris yang ia dengar di tv, lagu-lagu di internet seperti misalnya Ok, No problem, dan Yes.

Dampak perkembangan IPTEK terhadap jati diri budaya bangsa

Perkembangan Teknologi informasi memang memberikan kesempatan untuk semua orang mengakses secara real-time sehingga di belahan dunia manapun tidak ada batasan manapun. Contohnya kita dapat mengakses tentang kebudayaan, atau peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi di Amerika atau negara-negara lain hanya dengan menggunakan HP atau komputer yang memiliki jaringan Internet. Hal ini pula yang menyebabkan semakin banyaknya budaya yang masuk menggeser kebudayaan yang ada dan ini dikhawatirkan dapat menyebabkan jati diri dan budaya bangsa ikut terbawa arus. Namun hal ini dapat dicegah apabila kita mau melestarikan budaya yang ada pada bangsa kita.

Sumber referensi:

Http://adhietdoank.wordpress.com/2011/03/28/hubungan-antara-teknologi-dan-budaya/

Http://darwana70.wordpress.com/2008/06/23/pengaruh-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-terhadap-budaya-bangsa/

Http://Softskilltask.blogspot.com/2011/03/hubungan-antara-kebudayaan.Html?m=1

Http://Tiaikhtiarna23.wordpress.com/201/10/11/tugas-2/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s